Profil Perusahaan

PT PEFINDO Biro Kredit (PBK) adalah Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau biro kredit yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang didirikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan.

PBK didirikan pada tanggal 10 November 2014, setelah memperoleh Persetujuan Prinsip dari OJK pada tanggal 5 Agustus 2014. Izin Usaha dari OJK diperoleh PBK pada tanggal 22 Desember 2015 dan PBK memulai operasinya secara komersial pada tanggal 27 Maret 2017.

PBK didirikan atas prakarsa PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), perusahaan pemeringkat efek (credit rating agency) terkemuka di Indonesia yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam pemeringkatan dan mengelola data sensitif dan rahasia. Susunan pemegang saham PBK saat ini adalah PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO), PT Pegadaian (Persero), PT TASPEN (Persero), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Consumer Information Consulting, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI).

Biro kredit memiliki posisi dan peran yang strategis dalam industri keuangan nasional, termasuk untuk mengoptimalkan praktik prudent banking dan meningkatkan penerapan prinsip Know Your Customer (KYC). Biro kredit juga berperan dalam kenaikan peringkat Indonesia dalam kemudahan berusaha (ease of doing business) sebagaimana tercantum pada Paket Kebijakan Ekonomi Pemerintah RI No.XII tahun 2016

Visi

Menjadi penyedia informasi perkreditan kelas dunia dalam rangka mendukung peningkatan inklusi keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Misi

  • Memperkuat sistem keuangan nasional melalui penyediaan layanan dan solusi informasi perkreditan yang handal, terpercaya, dan berstandar internasional.
  • Mewujudkan terciptanya sistem keuangan inklusif melalui kemudahan pemberian informasi perkreditan bagi seluruh lapisan masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Pemegang Saham

Rekan Kerja

Cart

  • No products in the cart.